Empty Folder: Cara Menghapus Folder Kosong Secara Otomatis

Sebenarnya ketika seseorang melakukan instal pada suatu program atau software, maka akan muncul sebuah data atau direktori yang baru, yang secara otomatis memasukan file-file tertentu pada software yang diinstal. Adapun direktori pada suatu program atau software tertentu memiliki peran menyimpan berbagai file, yang sebenarnya tidak terlalu tinggi tingkat kepentingannya.

Empty Folder: Cara Menghapus Folder Kosong Secara Otomatis
Tampilan software Empty Folder Cleaner

File-file yang dimasukan atau disimpan seperti log files, project data, dan yang lainnya. ketika kita menguninstal program tersebut, maka file-file tersebut juga akan ikut teruninstal / terhapus, adapun yang menjadi masalah adalah folder-folder dari program tersebut yang seringkali tidak ikut terhapus. Tentunya apabila hal ini berlangsung secara terus menerus maka akan menumpuk di dalam komputer.


Tentunya akan sangat merepotkan apabila harus menghapus secara manual, dan folder-folder kosong yang tersebar di dalam komputer akan membuat pengguna menjadi tidak nyaman. Untuk itu ada sebuah software yang tampaknya cukup bisa diandalkan dalam masalah ini, yaitu software Empty Folder Cleaner yang bisa secara gratis digunakan dan tersedia versi portablenya.

Empty Folder Cleaner merupakan sebuah software gratis yang memiliki kemampuan untuk scan / menemukan dan menghapus folder-folder kosong yang ada di dalam PC. Sehingga nantinya dalam mencari folder yang kosong, kita tidak perlu untuk kesana-kemari di dalam PC untuk mencarinya secara manual, yang sangat melelahkan dan membutuhkan waktu yang sangat lama.

Adapun setelah menemukan folder kosong secara otomatis dengan menggunakan software Empty Folder Cleaner ini, maka Anda menghapusnya secara langsung atau melalui Recycle Bin. Atau juga pengguna nantinya bisa mengaktifkan opsi untuk membuat backup sebelum menghapus folder kosong tersebut. Silahkan pilih yang disuka.

Untuk bisa menggunakan software ini, maka Anda akan membutuhkan program .NET Framework 2.0, atau versi diatasnya.

Download Empty Folder Cleaner


Untuk versi portable

Informasi Software
Nama: Empty Folder Cleaner
Kategori: Software PC
Lisensi: Gratis
Bahasa: Inggris
Web: www.4dots-software.com

Empty Folder Cleaner mendukung sistem operasi:

  • Windows 2003
  • Windows Server 2008
  • Windows XP
  • Windows Vista
  • Windows 7
  • Windows 8

Cara menggunakan Empty Folder Cleaner

Caranya cukup sederhana, setelah menjalankan aplikasi, maka klik tombol scan untuk memulai proses untuk mencari folder kosong. Anda bisa melakukan scan pada bagian tertentu di dalam PC, dengan cara memberikan tombol ceklis pada folder atau tempat yang ingin Anda scan.

Setelah daftar berupa folder-folder kosong berhasil ditemukan, maka Anda bisa menghapus semuanya, atau yang diinginkan saja. Adapun metode penghapusan seperti menghapus secara langsung, atau melalui Recycle Bin terlebih dahulu, silahkan pilih yang Anda suka. Selesai.

Demikian penjelasan dari Empty Folder Cleaner, semoga bermanfaat.

Baca juga: Cara mempercepat PC dengan Memory Improve Master