14 Penyebab Rambut Berhenti Tumbuh Bahkan Rontok

Penyebab rambut berhenti tumbuh  -- Dalam kondisi pada umumnya bahwa rambut akan tumbuh panjangnya sekitar setengah inci dalam setiap bulannya, akan tetapi pertumbuhan rambut ini dapat terhambat apabila rambut mengalami kerusakan atau  masalah kesehatan . Dimana tentunya masalah yang terjadi pada rambut ini tidak jarang menjadi  pikiran bagi sebagian orang mengenai penampilannya, seperti mulai merasa bahwa rambut berhenti tumbuh. Berikut di bawah ini beberapa penyebab rambut berhenti tumbuh atau bahkan mengalami rontok:
  1. Rambut dapat berhenti tumbuh ketika mencapai panjang tertentu, yang hal ini sudah umum diketahui. Pada rambut yang mengalami pemutihan (bleaching), kemudian aktivitas menggosok rambut dapat mengakibatkan rambut menjadi rapuh, sehingga menyebabkan rambut rusak yang membuat rambut berhenti tumbuh bahkan mengalami kerontokan.
  2. Kulit Kepala yang tidak sehat, dimana minyak atau produk perawatan rambut yang penggunaannya dilakukan secara berlebihan mengakibatkan pori-pori kulit kepala mengalami penyumbatan, sehingga mengakibatkan pertumbuhan rambut menjadi terhambat. Untuk itu sangat disarankan agar Kamu memakai minyak esensial alami sehingga lebih aman, tetapi jika memang kondisi memaksa untuk memakai produk berkandungan berat, yang dapat membahayakan pertumbuhan rambut, maka usahakan seminimal mungkin frekuensi penggunaannya, serta dalam penggunaannya untuk langsung cuci rambut secepatnya, sehingga mencegah terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada rambut seperti peradangan dan rambut sulit tumbuh.
  3. Faktor usia, dimana saat umur seseorang semakin tua maka hal yang umum terjadi dan merupakan takdir Allah bahwa kekuatan rambut menjadi lebih lemah, yaitu berupa rambut yang tumbuhnya lebih pendek dan juga rambut lebih tipis. Dan hal ini bisa menjadi sangat buruk ketika produksi minyak di kulit kepala sangat lambat, yang membuat rambut kurang terhidrasi, sehingga permukaan rambut akan lebih kasar.
  4. Rasa stres, masalah tekanan jiwa atau emosional pada seseorang, bisa menyebabkan rambutnya bermasalah, yang rambut berakibat menjadi rontok, sehingga penting juga melakukan “manajemen hati” dengan baik sehingga kita dapat terhindar dari rasa stres yang tidak seharusnya terjadi, sehingga rambut-pun dapat lebih sehat, serta organ tubuh secara keseluruhan.
  5. Diet yang salah atau tidak tepat, dimana karena ingin menguruskan badan sehingga menjadi berat badan yang ideal, akan tetapi malah kekurangan dalam mencukupi kebutuhan vitamin untuk tubuh, sehingga membuat munculnya masalah pada rambut. Sehingga walaupun sedang diet, tetapi tetap perlu memperhatikan mengkonsumsi makanan sehat yang kaya akan kandungan nutrisinya, yang mencukupi untuk tubuh. 
  6. Kesalahan berupa membiarkan rambut sepanjang mungkin, dapat mengakibatkan ujung-ujung rambut kehilangan kelembaban. Ujung rambut bisa terbelah berupa bentuk beberapa helai-helaian tipis, sehingga membuat rambut rusak dari ujungnya hingga ke pangkalnya. Sehingga yang lebih baik yaitu melakukan pemotongan ujung-ujung rambut pada setiap 3 bulan untuk menghindari rambut mengalami kerusakan.
  7. Memakai alat-alat styling rambut dapat juga mengakibatkan terjadinya kerusakan rambut, karena panas dari alat-alat tersebut bisa membuat rambut terbelah dan juga mengalami kekeringan. Sehingga penting untuk memilih memakai pelembab rambut berupa serum untuk mencegah terjadinya kerusakan pada 
  8. Mengonsumsi obat-obatan tertentu bisa mengakibatkan terganggunya pertumbuhan rambut, untuk persoalan ini maka perlu melakukan konsultasikan dengan dokter atau ahli kesehatan rambut.
  9. Kekurangan gizi seperti Protein atau Zat Besi bisa juga mengakibatkan rambut menjadi rontok.
  10. Wanita yang  mengonsumsi Pil KB bisa juga terkena resiko tinggi mengalami rambut Rontok.
  11. Seseorang yang sedang melakukan terapi pengobatan kanker seperti menggunakan radiasi atau kemoterapi, maka dapat mengakibatkan kerontokan pada rambut, atau juga rambut berhenti tumbuh saat itu.
  12. Terjadinya ketidakseimbangan hormon bisa mengakibatkan terjadinya rambut berhenti tumbuh bahkan mengalami kerontokan.
  13. Masalah infeksi yang mempengaruhi kulit kepala, seperti masalah kurap dan ketombe bisa menyebabkan rambut menjadi rontok.
  14. Masalah gangguan mental (yang sering disebut dengan Trikotilomania) bisa juga menyebabkan rambut rontok.

loading...

Cara & Tips

Game PC Gratis

Tips & Aplikasi Android