6 Cara Menghilangkan Gigi Sensitif

Menghilangkan Gigi Sensitif -- Tentunya sangat tidak enak rasanya ketika muncul ngilu pada gigi saat menggigit es krim, sedang nikmat-nikmatnya malah muncul rasa yang tidak enak tersebut pada gigi, yang jika ini terjadi kemungkinan Kamu mengalami problem yang dinamakan dengan gigi sensitif. Dimana gigi sensitif ini merupakan suatu kondisi yang tidak nyaman pada gigi, yang umumnya terjadi karena sebelumnya mengkonsumsi makanan dan minuman tertentu, yang utamanya yang rasanya terlalu panas, dingin, manis dan juga terlalu asam, maka muncul rasa tidak enak pada gigi.

Gigi sensitif ini tentunya selain tidak nyaman, juga dapat membuat munculnya rasa sakit seperti kejutan yang tajam pada gigi, yang modelnya seperti gigi ngilu, bahkan dalam suatu kondisi yang lebih buruk maka rasa sakitnya bisa lebih parah. Adapun munculnya gigi sensitif ini yaitu kondisi bagian gigi yang lebih lembut, yang terletak di bawah lapisan enamel gigi, yang dalam kondisi terpapar tanpa perlindungan.

Cara Menghilangkan Gigi Sensitif

Dimana bagian gigi tersebut memiliki ribuan tabung kecil berisi cairan yang dapat mengarah langsung pada pusat saraf gigi, sehingga jika dalam kondisinya yang tidak terlindungi maka seseorang dapat mengalami terkena rangsangan, seperti saat mengkonsumsi makanan atau minuman yang cukup panas, dingin, asam  atau juga manis. Berikut di bawah ini beberapa penyebab dari munculnya masalah gigi sensitif:
  • Karena produk pemutih gigi dan pasta gigi tertentu, dimana pada beberapanya menggunakan bahan dasar peroksida dan juga baking soda, sehingga bahan-bahan model seperti itu mengakibatkan timbulnya problem gigi sensitif.
  • Menyikat gigi terlalu keras mengakibatkan terjadinya kerusakan pada enamel gigi, yang menyebabkan dentin menjadi terbuka, selain juga menyebabkan terjadinya penyusutan pada gusi.
  • Kebiasaan menggertakan gigi yang merupakan kebiasaan yang kurang baik menyebabkan lapisan enamel gigi menjadi terkikis, maka membuat timbulnya masalah gigi ngilu ini.
  • Penggunaan mouthwash (cairan kumur penyegar mulut) yang berlebihan dapat menyebabkan masalah gigi sensitif, apalagi umumnya rasanya asam sehingga membuat kondisi lebih buruk.

  • Gigi pecah atau patah, sehingga lapisan dentin yang ada di bawahnya menjadi rentan mengakibatkan gigi terasa ngilu.
  • Terlalu sering mengkonsumsi makanan yang mengandung asam, yang mengakibatkan terkikisnya lapisan email pada gigi, yang fungsinya melindungi dentin dan akar gigi.
  • Karena pembusukan gigi, yang membuat gigi mudah keropos, dimana lapisan lunak yang ada di bawahnya menjadi penyebab gigi sensitif, sehingga penting menjaga kebersihan mulut. 

Cara Menghilangkan Gigi Sensitif

Kita tidak perlu berlebihan khawatir, karena masalah gigi sensitif dapat untuk dihilangkan, berikut di bawah ini penjelasannya:
  1. Menggunakan pasta gigi khusus, dengan mengganti ke pasta gigi yang khusus maka sangat membentuk untuk menghilangkan masalah gigi sensitif.
  2. Perhatikan pola menyikat gigi, dimana salah satu yang menyebabkan gigi sensitif adalah pola menyikat gigi yang kurang baik. Dimana kita harus menghindari menyikat gigi yang terlalu keras, selain itu mulailah untuk membiasakan menggosok gigi dari atas ke bawah, dimana ini untuk mencegah terjadinya kerusakan pada lapisan email gigi.
  3. Jangan lupa gunakan sikat Gigi yang lembut, dimana dengan tekstur yang lembut dan juga berbentuk kecil pada bagian sikat, sehingga mencegah terjadinya gusi berdarah, selain itu juga mencegah terjadinya pengikisan gigi dan iritasi pada gusi,
  4. Gunakan pasta gigi yang khusus untuk gigi sensitif. 
  5. Jaga makanan dan minuman yang dikonsumsi. Penting untuk menghindari atau minimal mengurangi makanan dan minuman yang rasanya terlalu asam dan manis, demikian juga hindari mengkonsumsi yang terlalu dingin dan panas, yang membuat kondisi ngilu gigi semakin parah
  6. Jika berkemungkinan maka bisa mengkonsultasikan dengan dokter gigi, sehingga mendapatkan penanganan yang lebih tepat untuk kesehatan gigi.

loading...

Cara & Tips

Game PC Gratis

Tips & Aplikasi Android