Shenmue, Game Bergenre Open-World, Pembuatannya Menelan Biaya Lebih Dari Rp 500 Milyar

Gamer sebelumnya tentu sudah tahu pihak developer Ubisoft merilis game Assassin’s Creed Unity, lalu ada juga developer Rockstar yang merilis sebuah game fenomenal yaitu Grand Theft Auto V, yang sangat terkenal di Indonesia.

Shenmue, Game Bergenre Open-World, Pembuatannya Menelan Biaya Lebih Dari Rp 500 Milyar
Shenmue, Game Bergenre Open-World, Pembuatannya Menelan Biaya Lebih Dari Rp 500 Milyar

Maka sebenarnya game Shenmue ini sudah “lahir” dengan lebih dahulu yang memakai konsep permainan berupa pertualangan open-world. Game Shenmue ini dapat dikatakan menjadi pelopor permainan dengan genre super besar dan luas yang pernah ada dalam sejarah video game, dimana dengan besarnya game ini didesain, sehingga menghabiskan biaya pembuatan lebih dari RP. 500 Milyar, luar biasa…

Game Shenmue ingin dalam sejarahnya dirilis untuk pertama kalinya pada konsol Dreamcast, yaitu di tahun 1999, lalu muncul sekuelnya Shenmue 2 yang dirilis pada tahun 2001. Dan singkatnya perjalanan game Shenmue dari versi ke-1, lalu ke versi ke- 2, hingga sekarang muncul versi ke-3 mengalami jatuh bangun, setelah sekitar 14 tahun maka game Shenmue bangkit kembali dari “kuburnya”, untuk di masa sekarang ini menjadi game terbesar yang pernah ada.

Shenmue, Game Bergenre Open-World, Pembuatannya Menelan Biaya Lebih Dari Rp 500 Milyar

Adapun pertualangan di Shenmue ini, cerita di balik pertualangan sang protagonis yang berusaha mengejar pembunuh ayahnya dengan penuh berbagai intrik, emosi, dan filosofi yang memberikan efek tertentu kepada  para pemainnya. Dimana nantinya Gamers diajak untuk mengikuti kisah Ryo Hazuki, seorang remaja laki-laki yang pulang ke rumah, lalu mendapati sang ayahnya telah dibunuh oleh seorang pria dari Cina, yang namanya diketahui yaitu Lan Di. 

Maka menyaksikan kejadian berat ini, membuat darah sang remaja bergejolak yang menuntut balas dendam terhadap sang pembunuh tersebut. Hingga akhirnya pengejaran terhadap Lan Di berubah menjadi sebuah obsesi. Hal itu karena rasa sedih yang teramat berat karena kehilangan figur sang ayah. Ryo Hazuki pada setiap harinya menghabiskan dan memaksimalkan waktunya untuk mencari informasi tentang keberadaan si pembunuh, dengan mengesampingkan hal apapun.

Ryo Hazuki memulai kisah pengejarannya ini dengan penuh gegabah dan rasa keras kepala, hingga semakin lama atas perjalanan yang dilakukannya, membuat Ryo Hazuki menjadi lebih dewasa. Hal itu karena dirinya bertemu dengan berbagai orang, lalu berhadapan dengan berbagai bentuk begundal, bertemu dengan orang yang baik-baik, dan banyak hal lainnya yang ditemuinya.

Sehingga perjalanan Ryo ini menjadi perjalanan tersendiri yang membuat dirinya semakin dewasa. Dimana ketika awalnya dirinya adalah seorang remaja muda yang sering gegabah, kemudian menjadi seorang pria yang lebih bijak.  Dimana dirinya dapat menemukan berbagai pengetahuan dan kebaikan di dalam  kehidupan yang dapat dikatakan berada pada masa-masa kelam. 

Nantinya setiap pelajaran yang diterima Ryo dalam pertualangannya tersebut didesain agar dapat dengan mudah diresapi oleh para pemain game Shenmue ini

Game Shenmue yang bergenre dunia Open-World

Pengembang game Shenmue ini berusaha mendesain dan mengimplementasikan berbagai hal yang ada pada kehidupan di Shenmue sehingga nantinya akan terasa realistis. Pada awal permainan, Kamu akan melihat hal mengagumkan dengan berbagai interaksi sosial yang bisa Kamu lakukan secara bebas pada game Shenmue. 

Nantinya sang karakter Ryo bisa mengotak-atik pada hampir semua benda yang ditemukan, membuka laci meja, memutar radio, membuka isi kulkas di dapur, dan hal lainnya. Ketika keluar rumah, maka Gamers nantinya akan melihat lingkungan perumahan dan juga perkotaan yang sangat realistis tampilannya, seperti yang ada pada bangunan dan nuansa kota yang terlihat nyata.

Karena memang dalam pembuatan game Shenmue, melibatkan tim arsitek serta ahli tata kota. Kemudian, hal mengagumkan lainnya yaitu Gamers akan melihat orang-orang memiliki jadwal sehari-hari yang mereka lakukan secara rutin, dimana nantinya dapat menyapa dan bercakap-cakap dengan orang- orang yang ada di jalan, atau ketika berpapasan dengan mereka.

Kamu akan mendapati jadwal harian pada setiap penduduk kota di Shenmue didesain dengan sempurna, dan cocok dari waktu yang berjalan di game, dimana sistem permainan menggunakan pergerakan jam dan pergantian hari. Dimana kehidupan Ryo akan dihabiskan dengan bangun di pagi hari, kemudian menjelajah kota dari siang hingga petang hampir menuju malam hari. Yang kemudian kembali tidur di malam hari.

Pada game Shenmue Kamu juga melihat denyut nadi kota berjalan sangat seirama dengan perjalanan waktu, nantinya Kamu akan melihat pemandangan para siswa yang berangkat sekolah di pagi hari, lalu juga toko-toko yang mulai buka ketika matahari meninggi, dan aktifitas-aktifitas lainnya yang menakjubkan.

Banyak hal / aktifitas yang dapat Kamu lakukan pada game Shenmue

Terdapat begitu banyaknya aktivitas yang dapat kamu lakukan di dalam game. Dimana selain Gamers mengikuti jalan cerita yang ada atau telah disetting, selain itu terdapat banyak sekali aktivitas yang bisa Kamu lakukan di dalamnya. Seperti karakter Ryo ini sebagai anak karate yang jago bela diri, sehingga dirinya punya skill bela diri yang hebat. 

Nantinya kemampuan tersebut bisa ditingkatkan dengan melakukan latihan sendiri maupun sparring dengan karakter yang lainnya. Sehingga nantinya kemampuan Ryo dalam bertarung menghadapi musuh-musuhnya dapat semakin kuat dan bervariasi, dengan berbagai kemampuan dan gerakan yang diperoleh dari latihan.

Aktifitas lainnya yang pasti harus dilakukan oleh Ryo adalah bekerja, dengan jumlah uang yang Ryo yang Dia punya hanya sedikit untuk membeli berbagai hal, maka Dirinya harus bekerja, bahkan juga bisa bekerja sambilan untuk mendapatkan uang, beberapa yang bisa dilakukan yaitu seperti bekerja mengemudikan forklift, sebagai kuli angkut di pelabuhan dan lainnya.

Usaha Ryo untuk mendapatkan beberapa lembar Yen tidak bisa dibilang mudah, dan uang tersebut dapat saja langsung habis jika tidak dibelanjakan dengan cermat.

Berbagai cerita dan quest lain yang ada pada game Shenmue

Pertualangan dan perjalanan ini Ryo terdapat berbagai cabang yang sangat banyak, yang di samping dari cerita utama pada misi permainannya. Yang nantinya seluruh percabangan tersebut tentunya akan berakhir juga pada titik yang sama. Tetapi yang menjadi fokus adalah bahwa pada masing-masing cabang permainan dan cerita, terdapat –kisah-kisah unik nan menarik, yang menjadi nilai plus bagi game Shenmue ini.

Kemudian, aksi pertarungan yang terjadi di dalam game Shenmue ini berjalan dengan seru dan menegangkan, semua hasil latihan bertarung yang telah dilakukan sangat berguna ketika menghadapi masa-masa ini, nantinya jagoan Ryo akan menghajar banyak berandal yang berusaha mengeroyoknya.

Game Shenmue ini adalah game legendaris yang sudah ada dari dulu, yang dapat dikatakan bahwa game Shenmue ini adalah game terkeren ketika saya empat belas tahun yang lalu, tidak ada yang menandinginya, dimana saat ini (walaupun game jadul) dahulu game dengan genre open word ini menghadirkan grafis maupun audio yang luar biasa.

Grafik luar biasa pada game Shenmue

Dunia yang ada pada game Shenmue ini ditampilkan dengan tampilan yang full 3D, dengan sangat detail. Nantinya Kamu akan dapat melihat ulir kayu yang ada pada meja, daun-daun yang rontok di bawah pohon, tampilan kecondongan bayangan benda sesuai dengan pergerakan matahari, dan tampilan-tampilan lainnya yang luar biasa.

Sayangnya, untuk memainkan Shenmue ini (baik versi 1, 2 dan 3 tidak semudah ketika membeli dan mengunduh game dari situsnya. Dimana game Shenmue pertama hanya tersedia untuk konsol Dreamcast, kemudian Shenmue 2 hanya support untuk konsol Dreamcast dan Xbox orisinal. Dimana sekarang ini, untuk menemukan kedua console tersebut sudah sangat sulit, apalagi setelahnya harus mencari kepingan CD game Shenmue, yang lebih sulit lagi. Game Shenmue 3 dirilis pada akhir tahun 2017, pada platform PC dan PS4.