Cara Mudah Mengetahui Tipe Motherboard Komputer Tanpa Membuka CPU / Casing

Mengetahui Tipe Motherboard Komputer Tanpa Membuka CPU -- Tentunya sebagai pengguna komputer, karena kebutuhan kita mungkin pernah melakukan update pada program driver, sehingga perlu untuk mengecek hardware yang cocok, selain itu kita juga perlu ingin mengetahui apa saja tipe komponen di komputer yang kita gunakan.

Hal yang umum dilakukan, terutama oleh pelaku service komputer, yaitu dengan untuk mengetahui model motherboard komputer dengan membuka CPU komputer, yang cara ini yang paling sederhana dan tradisional, kita sebagai pengguna komputer yang awam atau pemula sekalipun juga bisa melakukannya . 

Cara Mudah Mengetahui Tipe Motherboard Komputer Tanpa Membuka CPU / Casing

Akan tetapi tidak semua orang mau melakukan cara “tradisional“ seperti itu, mungkin kita malas untuk membuka casing atau CPU-nya, jangan khawatir ada cara lain yang lebih mudah. Dimana Kamu dapat mengetahui dengan mudah tipe atau model motherboard yang digunakan tanpa perlu membuka CPU.

Terdapat banyak keadaan yang sebenarnya membuat kita sebagai pengguna komputer perlu untuk mengetahui tipe atau model motherboard yang digunakan, seperti ketika upgrade driver maka perlu mengetahui tipe Motherboard yang digunakan, demikian juga ketika ingin membeli RAM dan perangkat keras lainnya.

Akan tetapi, pada faktanya hal penting ini banyak dilalaikan banyak pemilik komputer, manfaat lainnya dari mengetahui tipe Motherboard yaitu untuk mengecek kecocokan hardware yang ingin dibeli (apakah kompatibel dengan komponen hardware lainnya).

Masalah seperti ini pernah terjadi, dimana pernah diceritakan orang yang ingin mengupgrade RAM untuk motherboard Intel DG41WV. Sehingga Dia-pun membeli dua item RAM 4GB, akan tetapi nyatanya motherboard Intel DG41WV pada slotnya hanya mendukung maksimal 2GB saja, alhasil memori RAM yang dibeli tersebut tidak dapat digunakan, dan terbuanglah uang sekitar 1 juta rupiah, nah tentunya Kamu tidak ingin kan.. mengalami masalah seperti ini? maka dari itu cukup perlu mengetahui tipe atau model motherboard komputer milik kita sendiri.

Mengetahui tipe / model Motherboard tanpa membuka CPU, tetapi dengan bantuan CMD

Untuk metode ini maka kita perlu mengakses command line, kamu dapat lebih mudah untuk mengeceknya dengan bantuan dari Windows Management Instrumentation Command-line (WMIC). 

Dimana dengan WMIC tool ini kita dapat dengan mudah mengakses ke baseboard, untuk mengecek status motherboard, nantinya Kamu akan mendapatkan informasi seperti nama, perusahaannya, model, part number, slot layout, serial number dan informasi lainnya. Untuk melakukannya berikut di bawah ini langkah-langkahnya:
  1. Pertama-tama tekan Win+R, lalu muncul kotak dan ketik cmd, lalu tekan Enter, sehingga jendela command prompt akan terbuka.
  2. Setelah itu copy-paste code: wmic baseboard get product,Manufacturer,version,serialnumber
  3. Setelah itu Kamu akan melihat berbagai data penting mengenai hardware atau motherboard.

Mengetahui tipe / model Motherboard dengan bantuan software Speccy

Software Speccy memiliki kemampuan untuk mengecek tipe / model motherboard dengan tampilan GUI, yang dapat Kamu download dan gunakan secara gratis.  Kamu akan mendapatkan informasi tipe motherboard dengan sangat lengkap. Selain itu Kamu juga bisa mendapatkan informasi hardware lainnya, seperti CPU, RAM, Graphic hingga info tentang sistem iperasi.


Cara lainnya untuk sekalian tahu hardware resources,component dan juga software environment, maka caranya ada pada fasilitas System Information, berikut di bawah ini langkah-langkahnya:
  1. Buka Control Panel
  2. Lalu pilih System and Security
  3. Pilih Administrative Tools
  4. Pilih System Information
  5. Maka Kamu akan mendapakan informasi megenai harware disana.

Semoga bermanfaat.

loading...

Cara & Tips

Game PC Gratis

Tips & Aplikasi Android