8 Tips Memilih Tablet Yang Bagus Untuk Bermain Game

Memilih Tablet Yang Bagus Untuk Bermain Game -- Sekarang ini orang-orang sudah tidak asing dengan yang namanya Tablet, dapat dikatakan untuk orang super sibuk dengan pekerjaan kantornya atau bisnis onlinenya, sudah tidak bisa di pisahkan dengan gadget ini.

Dan jika diperhatikan tidak sedikit para pecinta gadget di tanah air, banyak yang berpindah dari smartphone ke tablet, mungkin alasan mereka karena kinerja yang lebih, dimana tablet selain memiliki fitur-fitur smartphone, tablet juga bisa bertindak layaknya notebook, yang tentu ini akan membantu aktifitas sehari-hari, ditambah lagi bentuknya yang ramping / minimalis, sehingga mudah dibawa kemana-mana.

Tips Memilih Tablet Yang Bagus Untuk Bermain Game
Tips Memilih Tablet Yang Bagus Untuk Bermain Game

Perangkat Tablet ini juga tidak hanya dapat sekedar membantu pekerjaan sehari-hari, tetapi juga dapat digunakan sebagai sarana hiburan. Sekarang ini sudah lumayan banyak perangkat Tablet dengan platform Android yang beredar di pasaran, dengan mengusung spec dan kualitas yang tinggi, yang didalamnya juga terdapat fasilitas atau fitur-fitur yang lengkap dan canggih.

Beberapa fitur tersebut seperti fitur koneksi Wifi, kamera, Proyektor dan lainnya. Dab berangkat Tablet kini bukan saja disukai oleh orang yang beraktifitas atau bekerja di kantor, tetapi juga untuk orang-orang secara umum, bahkan anak-anak muda cukup akrab dengan perangkat Tablet ini.

Demikian juga para Gamers baik itu yang di seluruh dunia dan juga di Indonesia banyak menggunakan perangkat Tablet untuk bermain game. Karena memang kemampuannya yang hebat untuk menjalankan game-game yang ada, sekalipun itu game-game besar yang berat.

Tips Memilih Tablet Yang Bagus Untuk Bermain Game

Untuk Kamu yang ingin membeli tablet untuk bermain game, maka Kamu perlu mengecek kualitasnya secara baik, yang nantinya mampu menjalankan game dengan lancar dan baik. Nah, berikut di bawah ini beberapa tips memilih tablet yang bagus untuk bermain game-game yang berat:

1. Cek memori RAM pada Tablet

Komponen yang penting jika Kamu ingin menggunakan tablet untuk bermain game yaitu komponen memori RAM dan ROM. Yang akan sangat menentukan lancar atau tidaknya dari berjalannya sebuah game pada Tablet. Dengan semakin besar kapasitas RAM maka game yang Kamu jalankan, kan lancar dan terhindari dari yang namanya ngelek.

Untuk usahakan memilih Tablet yang memiliki kualitas memori RAM minimalnya 1GB, itupun jika memori RAM 1GB tidak dapat menjalankan semua game berat, kalau bisa membeli Tablet dengan RAM yang diatas 1 GB. Semakin besar memori RAM maka semakin baik.

2. Kapasitas Baterai
Sebelum Kamu menjatuhkan hati pada sebuah tablet yang ingin anda beli, maka yang perlu diketahui bahwa bermain game umumnya akan memakan banyak power atau daya baterai, sehingga sangat penting dalam bermain game (apalagi yang berat-berat), sebelumnya memilih dan memastikan kapasitas baterai cukup besar dan mumpuni. Kamu beli perangkat tablet yang punya kapasitas baterai besar, seperti baterai dengan kapasitas yang setidaknya 4000-5000 mAh.

3. Jangan memilih layar yang terlalu lebar.
Walaupun bentuk layar yang lebar akan memanjakan Kamu untuk melihat dan menikmati game, akan tetapi jika layar terlalu lebar juga tidak bagus, karena pergerakan jari dan tangan menjadi sulit. Sehingga penting juga mempertimbangkan ukuran layar tablet yang sedang-sedang saja.

Layar yang semakin lebar menyulitkan Kamu untuk bermain game-game dengan genre shooting, RPG, dan action. Kemudian pilih Tablet yang memiliki speaker di bagian depan atau belakang (jangan disamping) sehingga  suara tidak terhalangi tangan saat bermain

4. Perhatikan berat dari Tablet yang akan beli.

Tentunya kita ingin bermain game dengan nyaman pada tablet, untuk itu perlu juga memiliki berat yang sedang, jangan terlalu berat. Kamu disarankan memilih Tablet yang memiliki berat sekitar 300-400 gram. Apabila berat tablet diatas 400 gram, maka ini bisa membuat Kamu merasa pegal ketika sudah agak lama bermain game, yang tentu ini tidak baik untuk kesehatan Kamu.

5. Prosesor dan Hardware Grafis
Agar Kamu benar-benar membeli tablet gaming yang handal, maka jangan lupa perhatikan prosesor yang ada pada perangkat Tablet, kemudian juga perhatikan kualitas grafisnya. Beberapa mesin GPU yang memang sudah cukup teruji baik kualitasnya yaitu Adreno 205, PowerVR SGX540, NVidia GeForce dan model-model diatasnya. Dan jika Kamu ingin memainkan game yang berkapasitas besar, seperti game  HD atau bahkan full HD, maka paling minimal setidaknya bisa clock speed 1GHz.

6. Perhatikan resolusi layar / display
Ini juga perlu dipertimbangkan, perhatikan seberapa besar tampilan resolusi layar yang dihasilkan pada Tablet, karena dengan resolusi layar yang semakin tinggi, maka tampilan gambar yang abadi dalam game akan mampu lebih detail, sehingga terasa lebih nyata. Pilih-lah tablet dengan resolusi yang minimalnya HD 720p.

7. Ketahui merk dari perangkat Tablet.
Para pembeli tablet tentunya akan lebih memilih merk yang ternama, hal itu karena merk ternama sudah terbukti dan teruji kualitasnya. Adapun jika memilih Tablet dengan merk-merk baru, maka pastikan bahwa spesifikasi yang diusung cukup bagus kualitasnya.

8. Perhatikan dengan seksama review dari beberapa pengguna Tablet yang ingin dibeli di internet.
Ketahui kualitas dan peforma tablet gaming incaran kamu, dengan melihat reviewnya, sehingga Kamu dapat mengetahui apakah peforma Tablet tersebut memuaskan atau justru mengecewakan. 

Dengan melihat review dari pengguna tablet gaming tersebut, sehingga Kamu dapat mengetahui kekurangan dan kelebihan perangkat Tabletnya,  dan yang lebih baik lagi apabila Kamu ikut serta ke dalam forum pengguna Tablet, untuk menanyakan informasi penting pada Tablet tersebut.

Semoga bermanfaat.