Hotspot WiFi Gratis Rawan Keamanan & Intaian Hacker, Berikut Cara Mengatasinya

Hotspot WiFi Gratis Rawan Keamanan -- Untuk kita yang merupakan pengguna dari perangkat laptop atau semacamnya, tentunya pernah menggunakan fasilitas WiFi umum, apalagi yang memang sering beraktifitas di luar rumah. Dan mungkin kita sering menemui  tempat Wifi yang seringkali tidak diproteksi dengan password, maka jika menemuinya lagi ada baiknya Kamu harus berhati-hati.

Berdasarkan survei yang telah banyak dilakukan oleh beberapa pihak, seperti salah satunya yaitu dilakukan oleh perusahaan pengembang program keamanan Avast, menyatakan bahwa 77 persen pengguna smartphone dan tablet akan beresiko kehilangan privasi dan pencurian identitas melalui jaringan WiFi ini. Kenapa bisa begitu tinggi resikonya jika menggunakan layanan Wifi yang tanpa proteksi password, hal itu karena menggunakan WiFi publik yang tanpa diberikan proteksi koneksi internet seperti password, akan membuat celah keamanan saat berbagai informasi personal. Yang dilakukan oleh “oknum” yang melakukan serangan cyber.

Hotspot WiFi Gratis Rawan Keamanan & Intaian Hacker, Berikut Cara Mengatasinya

Penelitian lainnya yang dilakukan menunjukan bahwa sekitar 41 persen responden sangat jarang (bahkan hampir tidak pernah) mematikan pemancar WiFi, sehingga hanya membiarkan setting otomatis untuk bergabung dengan jaringan Wi-Fi publik, dengan begitu ini menjadi celah yang dilakukan hacker agar bisa masuk dan mencuri berbagai informasi dan data penting, bahkan memasukan program berbahaya.

Yang menjadi masalah besar, ternyata peneliti dari perusahaan Avast menemukan bahwa saat terhubung ke WiFi publik, hanya 10 persen dari pengguna Indonesia yang menggunakan VPN (virtual private network), yang itu sangat berguna dalam melindungi keamanan data perangkat mobile.

COO Avast yang bernama Ondrej Vicek memberikan penjelasan bahwa dengan meningkatnya penggunaan layanan penyimpanan cloud, meningkatnya penggunaan jaringan Wi-Fi gratis yang tidak memproteksi layanannya dengan password, maka semakin tinggi resiko pembobolan informasi, data serta privasi penting.

Tips keamanan Wi-Fi Area Hotspot yang umum-nya gratis

Perusahaan Avast yang sangat getol meneliti tentang keamanan dalam menggunakan Wifi, membuat sebuah program keamanan VPN yang namanya Avast Secure Line VPN, dengan memiliki kemampuan untuk memproteksi koneksi internet pengguna, yang menggunakan enkripsi standar militer, sehingga memiliki kemampuan untuk melakukan hidden alamat IP dari serangan cyber. Jika kamu ingin menggunakan aplikasi mobile proteksi keamanan Wi-Fi buatan Avast ini, untuk Kamu pengguna Android bisa mendownload gratis di Google Play Store disini

Tips keamanan Wi-Fi area hotspot / gratis
Avast Secure Line VPN

Pada tempat-tempat umum yang menyediakan layanan Wi-Fi seperti Cafe, mall, Bandara, Kampus dan tempat umum lainnya dapat Kamu manfaatkan, dengan demikian maka cukup penting melakukan setting ke Jaringan Publik, apabila setting Kamu masih berupa jaringan Home Network atau Work Network, dimana ini berguna agar mencegah data Kamu muncul di komputer lain yang mungkin saja mencari harddisk terbuka, sehingga metode ini cukup penting untuk mengamankan laptop maupun notebook ketika menggunakan Wifi di tempat umum.

Cara mengatur jaringan untuk Publik dengan:
  1. Pertama-tama klik pada icon jaringan di system tray. 
  2. Lalu klik Open Network and Sharing Center. 
  3. Kemudian muncul kotak dialog, Kamu cek di bawah jaringan untuk melihat apakah jaringan sudah disetting Publik. 
  4. Icon untuk Publik berupa gambar bangku taman, adapun icon untuk Home Network berupa icon rumah. 
  5. Apabila setting kamu dalam keadaan Home atau Work, maka Kamu klik dari kotak dialog.
  6. Lalu pilih jaringan publik.

Pilih jaringan yang aman
Jaringan yang Kamu ketahui tidak aman maka harus Kamu hindari sejauh mungkin. Apabila pada suatu area ternyata jaringannya tidak aman, maka jangan “berjudi” memaksakan untuk menggunakan jaringan yang tidak aman, yang perlu diketahui bawah WPA2 lebih baik dari pada WPA, dan yang lebih jelek dari WPA adalah WEP.

Dapatkan VPN
VPN memang tidak mengamankan 100%, tetapi dapat membantu untuk melindungi data dan informasi rahasia, dan memang juga tergantung pada jenis VPN, seperti VPN berbasis reguler dan Cloud yang memiliki fungsi untuk keamanan ketika menggunakan klien email di hotspot WiFi. Salah satu cloud berbasis VPN yang dapat diandalkan yaitu Hotspot VPN, dimana kemampuannya membuat terowongan virtual antara laptop atau notebook milikmu dengan server amannya milik mereka.

Pertimbangkan Enkripsi
Kamu juga bisa menggunakan metode enkripsi file penting atau harddisk secara keseluruhan, program yang dapat Kamu gunakan dalam hal ini yaitu TrueCrypt, yang merupakan software kemanan gratis untuk melakukan enkripsi pada seluruh hard drive.

Gunakan Keamanan untuk account penting
Kamu benar-benar harus menghindari untuk mengakses layanan perbankan dan lembaga keuangan lainnya di tempat publik. Selain itu Kamu perlu mempertimbangkan untuk menggunakan langkah-langkah keamanan seperti fitur pada beberapa bank untuk mengirimkan nomor PIN ke ponsel, untuk keamanan, sehingga pihak lain akan kesulitan untuk mengakses rekening Kamu secara online.

Tips lainnya…
Dari hotspot WiFi gratis ini tidak jarang data-data penting diretas oleh para hacker. Lembaga penegak hukum Uni Eropa yaitu Europol memperingatkan agar kita tidak mengirim atau menerima data penting menggunakan jaringan WiFi, dimana serangan melalui jaringan WiFi publik semakin meningkat dan sulit dideteksi.

Pihak dari Europol tersebut memberikan beberapa tips keamanan ketika menggunakan WiFi publik yang biasanya gratis, untuk terhindar dari serangan hacker. Pertama yaitu dengan memilih menggunakan jaringan WiFi yang aman dan terpercaya.

Jika kamu ingin login ke account milikmu, maka sebelumnya harus memastikan kondisi dan keamanannya, ketika browsing usahakan untuk menggunakan situs dengan awalan 'https', dan lebih bagus lagi dengan simbol gembok terkunci, dan lebih baik lagi dengan nama perusahaan situsnya (karena berarti populer), maka  Kamu dapat merasa lebih aman lagi ketika browsing.

Demikian juga ketika browsing, hindari mengunjungi situs-situs yang tidak baik, seperti perj*dian, p*rno dan semacamnya.

Semoga bermanfaat.