5 Cara Menabung Layaknya Orang Kaya

Tentunya kita akan merasa bahagia apabila memiliki harta yang banyak, dengan menjadi kaya maka memberikan kenyamanan dalam hidup, dengan catatan harta kekayaannya tersebut digunakan untuk hal yang baik-baik, karena percuma saja jika menggunakan kekayaannya untuk hal yang sia-sia bahkan merusak seperti untuk minum-minuman keras hingga nark0ba, maka hal itu justru merusak kebahagiaan hidup.

Dan juga sayangnya, walaupun sudah ada orang kaya yang bisa menjadi contoh, aka tetapi jarang sekali kebanyakan orang meniru cara orang kaya tersebut menambah tabungannya. Dan tidak hanya menambah “celengannya”, nyatanya orang kaya yang selalu enak kita lihat kehidupannya, ternyata dalam hidupnya selalu bekerja keras untuk bisa meningkatkan pendapatannya.

5 Cara Menabung Layaknya Orang Kaya

Untuk itu, tentunya apabila ingin kaya raya maka pastikan kita mengikuti jejak-jejak mereka yang telah lebih dulu sukses dalam hal finansial atau keuangan. Berdasarkan dari sebuah media di barat yaitu Lifehack.org, disana dijelaskan sebanyak lima poin cara orang kaya dalam usaha menabung uangnya.

1. Jangan membeli barang yang tidak penting 

Walaupun Kamu mendapat pujian oleh teman-teman dan kerabat, akan tetapi tetap saja dalam berbelanja memiliki batasan yang tak boleh Kamu lampaui. Dimana tidak jarang orang-orang membeli barang yang ternyata tidak penting, karena tujuannya hanya untuk pamer sehingga nantinya mendapatkan pujian dari teman-teman.

Meski banyak uang, orang kaya jarang membeli barang yang tak dibutuhkan nya hanya untuk membuat kagum orang-orang di sekitar. Mereka tak pernah membeli barang yang tak disukainya hanya untuk pamer.

2. Hati-hati dengan pengeluaran kecil

Bukanlah yang mengherankan jika melihat banyak orang sangat berhati-hati dalam berinvestasi, dan melakukan aktifitas keuangan lainnya dalam jumlah yang besar. Akan tetapi yang membuat heran, bahwa banyak sekali orang yang sangat ceroboh dalam masalah untuk pengeluaran biaya yang kecil-kecil, sehingga seperti pepatah kecil-kecil menjadi bukit, maka menjadi kerugian yang besar tidak mempertimbangkan pengeluaran yang kecil. Orang kaya umumnya akan sangat mempertimbangkan banyak hal sebelum mengeluarkan uang, baik itu dalam jumlah yang besar maupun kecil.

3. Bekerja keras

Kesalahan dari persepsi kebanyakan orang bahwa orang-orang kaya hanya melakukan yang senang-senang saja. Karena pada faktanya, bahwa orang kaya bekerja lebih keras dibandingkan dengan orang biasa. Untuk itu maka dari sekarang cobalah untuk meningkatkan pendapatan Kamu dengan cara bekerja keras hingga optimal kemampuan Kamu, hilangkan waktu berleha-leha yang tidak perlu. 

4. Sisihkan pendapatan yang dimiliki, baik dalam jumlah kecil, dan utamanya dalam jumlah besar

Orang kaya yang dianggap sering menghabiskan uang secara berlebihan kala shopping / belanja, maka kenyataannya bahwa orang kaya sangatlah berhati-hati dalam memutuskan untuk mengeluarkan uang, dan mereka sangat suka menyisihkan sebagian besar pendapatannya untuk melakukan investasi masa depan atau menabung. Untuk itu rajin-rajinlah dalam menabung, dan usahakan bisa dalam jumlah lebih besar, Kamu bisa mengusahakan menabungkan sepertiga dari pendapatan setiap bulan gaji.

5. Belilah barang yang dibutuhkan saja

Orang kaya yang kita anggap sangat royal dan boros, ternyata justru mereka tidak pernah mau untuk mengeluarkan uang dalam rangka hal-hal yang tidak penting atau bukan kebutuhannya. Dimana dikalangan miliarder sangat berhati-hati dengan berbagai biaya yang harus dikeluarkan, dengan memutuskan matang-matang terlebih dahulu.

Untuk itu tingkatkanlah prinsip “Jangan menyimpan apa yang tersisa dari pengeluaran”, menjadi prinsip yang lebih tinggi lagi “lakukanlah pengeluaran berdasarkan dari sisa dari pendapatan yang telah Kamu tabung. 

Keren!! Anak Umur 9 Tahun dengan Pendapatan Rp 1,4 Milyar per Bulan

Sebuah kisah inspirasi yang memotivasi

Namanya Evan, usianya baru 9 tahun. Akan tetapi anak laki-laki sudah menjadi seorang pengusaha muda dengan penghasilan sekitar Rp 17 milyar per tahun, yang dalam sebulan dirata-ratakan sekitar Rp 1,4 milyar per bulan, dimana pendapatan fantastis tersebut hanya gara-gara bermain saja. Evan melalui akun YouTube miliknya yaitu EvanTubeHD, mengulas berbagai game serta mainan baru, yang kemudian mengunggah nya ke situs YouTube.

Seperti dikutip dari situs Daily Mai, bahwa dalam satu minggu Evan memposting tiga video ulasan mainan yang terbaru. Dan channel YouTube miliknya sudah ditonton sedikitnya oleh 1,5 juta pengunjung, dan secara keseluruhan sudah dilihat lebih dari 1,2 milyar orang.

Keren!! Anak Umur 9 Tahun dengan Pendapatan Rp 1,4 Milyar per Bulan
Keren!! Anak Umur 9 Tahun dengan Pendapatan Rp 1,4 Milyar per Bulan

Sang ayah-lah yang membantu untuk mengedit video yang ingin diunggah, dan video pertama yang diunggah saat itu adalah video stop-motion Angry Birds. Sang ayah mengaku bahwa ketika membuat channel Youtube tersebut tidak memiliki tujuan untuk memonetasinya.

”Ketika kami pertama membuat channel YouTube ini, tidak ada niat untuk membuatnya menjadi uang. Bahkan, kami tidak terpikir itu hal yang mungkin,” ujar Jared.

Dari channel Youtube tersebut, mereka mendapatkan pendapatan dari iklan-iklan yang masuk. Baik iklan yang ditempatkan di dalam video maupun yang di luar video. Jared juga menyadari, bahwa sebagai orang tua dan Evan dirinya berusaha untuk membuat konten video yang ramah untuk anak. Ulasan yang ditampilkan  diharapkan bisa membantu para orang tua dalam berbelanja mainan untuk anak. 

Anak Umur 9 Tahun dengan Pendapatan Rp 1,4 Milyar per Bulan
Anak Umur 9 Tahun dengan Pendapatan Rp 1,4 Milyar per Bulan

Frekuensi menampilkan video dilakukan secara rutin pada  setiap minggu, dan dengan semakin bertambahnya jumlah followers maka nama Evan pun semakin menjadi terkenal. Pada awalnya Evan agak malu dan tidak tahu harus berbuat ketika orang-orang menyapa dirinya. Dan Jared serta istrinya juga sengaja menjaga rahasia nama belakang Evan dan tempat tinggal mereka, agar dapat mempertahankan kehidupan mereka yang sederhana saja walaupun nama Evan sudah mulai tenar.

Semoga bermanfaat.