Cara Mengatasi Error iTunes 3194 dan Penyebabnya

Cara mengatasi Error iTunes 3194 -- Problem yang cukup sering terjadi dan banyak yang mengeluhkan yaitu saat dirilisnya iOS yang terbaru, yaitu pada problem upgrade iOS restore dan downgrade, dan bukanlah hal yang sulit dilakukan untuk mengatasi / memperbaiki masalah error pada iTunes 3194.

Mengatasi error 3194 itunes saat merestore / upgrade / downgrade pada iPhone, iPad, maupun iPod Touch dapat dilakukan dengan cara sederhana, yaitu dengan mengedit pada host file yang ada di perangkat PC Kamu. Tujuan dari mengedit file host tersebut untuk memblock server Apple ketika akan melakukan verifikasi firmware untuk iDevice.

Cara Mengatasi Error iTunes 3194 dan penyebab masalah error pada iTunes 3194

Perlu diketahui bahwa pihak pengembang Apple tidak memberikan akses penggunanya merestore dengan kustom fimrware, juga downgrade iPhone, iPad dan iPod Touch ke iOS firmware yang lebih rendah, sehingga ketika melakukan downgrade maka dari iTunes tampil error Kode 3194. 

Apabila Kamu mendapati muncul kode error 3194 pada perangkat milikmu, maka untuk mengatasinya ktidak perlu melakukan hal-hal yang rumit. Penyebab dari problem, seperti sebuah cerita dari pengguna iPhone dengan iOS 5.1.1 , yang ingin meng-upgrade ke iOS 6.1, akan tetapi dia ternyata tidak mengetahui bahwa iOS 6.1.2 sudah dirilis, sehingga karena ketidaktahuannya diapun men-download file iOS 6.1, kemudian melakukan upgrade, dan hasilnya berupa muncul kode error iTunes 3194. 

Masalah seperti ini terjadi karena ketika Apple telah merilis iOS terbaru maka pihak Apple tersebut akan Menutup versi iOS yang sebelumnya, seperti pada kasus iOS 6.1 ini, yang hal seperti ini diistilahkan dengan Stop Signing.

Penyebab lainnya yaitu melakukan Downgrade iOS di iPhone, iPad, iPod ke versi iOS yang lebih rendah, kemungkinan karena iOS versi terbaru belum bisa di Jailbreak, dan berbagai penyebab lainnya, sehingga seperti sudah diketahui bahwa kebijakan Apple yaitu tidak bisa downgrade ke iOS sebelumnya, apabila iOS terbaru telah dirilis. Metode agar dapat meng-downgrade tanpa adanya error iTunes yaitu harus memiliki SHSH iOS sebelumnya, serta menggunakan apps tertentu seperti aplikasi Redsn0w.

Penyebab yang ketiga dari terjadi error tersebut yaitu melakukan restore di iOS dengan versi iOS yang sama, kita hanya bisa restore ke iOS terbaru yang dirilis, Kamu harus melakukan Restore ke iOS versi terbaru tersebut. Kecuali jika versi iOS terbaru belum dirilis.

Dan apabila Kamu merasa tidak melakukan hal yang disebutkan diatas tetapi tetap mendapatkan pesan error 3194, maka Kamu juga bisa mengatai error iTunes tersebut dengan mengedit Host, berikut di bawah ini langkah-langkahnya.

1. Tutup iTunes apabila sedang dalam keadaan terbuka.

2. Cari dan temukan File host pada PC Kamu dengan lokasi

    Directory : /etc/hosts untuk Mac OS X :
    Directori: c:\windows\system32\drivers\etc\hosts untuk Windows


3. Buka file Host dengan notepad, Edit file tersebut dengan menambahkan text dibawah ini.

74.208.105.171 gs.apple.com

4. Pastikan iPhone, iPad dan iPod dalam Keadaani DFU MODE, dan lakukan proses upgrade / restore seperti biasanya.

5. Ketika sudah melakukan Upgrade, maka Kamu remove / hapus kembali 74.208.105.171 gs.apple.com pada File Host.

6. Selesai.

Semoga Bermanfaat.