Tutorial Remote Desktop di Windows XP ke VPS Windows server

Remote desktop pada Windows XP ke VPS Windows server --  Seperti dengan tutorial lainnya, untuk membangun koneksi dengan remote desktop pada Windows XP ke VPS Windows server 2008 atau versi diatasnya, bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Ketika menghubungkan VPS Windows server pada komputer melalui Remote desktop, memang terkadang muncul berbagai kendala atau problem. Dimana remote desktop tidak dapat untuk terkoneksi atau terhubung ke VPS server, sehingga akhirnya memunculkan pesan error berupa:

The remote computer requires Network Level Authentication, which your computer does not support.

Sebagai penjelasan singkat, VPS merupakan sebuah teknologi server side pada sistem operasi dan juga perangkat lunak, sehingga sebuah mesin dengan kapasitas besar nantinya dibagi ke beberapa virtual mesin. Dan setiap virtual mesin ini melayani sistem operasi secara mandiri (ditambah dengan pengaturan tertentu yang dibuat).

Adapun Remote desktop adalah salah satu fitur OS Microsoft Windows XP, Windows Server 2003, Windows Vista, dan Windows Server 2008, agar penggunanya terkoneksi ke sebuah mesin jarak jauh, sehingga  seolah-olah pengguna duduk di depan perangkat yang bersangkutan, padahal jaraknya jauh. Remote Desktop ini memakai protocol Remote Desktop Protocol (RDP), yang secara default-nya berjalan pada TCP port 3389.

Nah, untuk menghubungkan VPS kita ke PC ataupun Laptop pada sistem operasi windows dapat kita lakukan dengan sederhana, seperti contohnya pada uji coba di OS windows 7, dimana tidak ada masalah menghubungkan atau koneksi ke VPS Windows server via remote desktop. Tetapi untuk Windows XP belum teruji dengan baik, sehingga disarankan untuk menggunakan versi OS yang lebih dari dibanding dengan Windows XP.

Untuk melakukan Remote desktop di Windows XP ke VPS Windows server, akan dijelaskan tutorialnya, Kamu perlu menyimak dengan baik.
  1. Pertama tama klik Start, klik Run, lalu ketik regedit, lalu Enter atau OK.
  2. Akan muncul jendela “registry”, maka pilih registry subkey HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\Lsa
  3. Pada details panel, klik kanan pada Security Packages, lalu klik Modify.
  4. Pada Value data box, ketik  tspkg. Dan biarkan data yang khusus untuk SSPS lain, lalu klik OK.
  5. Pada panel navigasi, klik registry subkey berikut: HKEY_LOCAL_MACHINE \ SYSTEM \ CurrentControlSet \ Control \ SecurityProviders
  6. Lalu klik kanan pada “SecurityProviders”, dan kemudian klik Modify.
  7. Muncul Value data box, Kamu ketik credssp.dll. lalu klik OK.
  8.  Keluar dari registry Editor dan restart komputer.
  9. Selesai.

Cara Mengaktifkan Remote Desktop Windows Server 2003

Untuk mengaktifkan remote desktop Windows Server 2003 dilakukan karena mungkin instalasi awal dari VPS Windows 2003 belum mengijinkan pengguna me-remote desktop. Sehingga fasilitas tersebut perlu untuk diaktifkan, berikut langkah-langkahnya di bawah ini.
  1. Pertama-tama klik Start, lalu pilih Control Panel.
  2. Klik menu / icon System
  3. Pada System klik tab Remote
  4. Lalu ceklist pada “Allow users to connect remotely to this computer”.
  5. Klik pada “Select Remote User”.
  6. Kemudian masukan username Kamu, lalu klik Add.
  7. Klik OK
  8. Untuk mengaktifkan remote desktop pada firewall, pertama-tama klik Start, lalu pilih Control Panel.
  9. Pilih pada icon Firewall
  10. Pilih pada Tab “Exception”
  11. Ceklist pada [ ] Remote Desktop
  12. Klik OK, maka server VPS Windows bisa diakses dengan Remote Desktop Windows.
  13. Selesai.

Semoga bermanfaat.