10 Tips Mencari Video Youtube dengan Akurat

Seperti diketahui bahwa Youtube merupakan situs upload, share dan streaming video yang paling populer di dunia, dan memang hal tersebut dibuktikan dengan pada situs Youtube, di setiap menitnya ternyata  ada lebih dari 100 jam video diupload ke Youtube, dan pada setiap tahunnya video yang dibagikan (tersedia) di Youtube ditonton sebanyak 700 milyar kali, bahkan lebih ketika semakin banyak / bertambah pengguna internet di dunia, utamanya di Indonesia, untuk lebih lengkapnya tentang statistik tersebut di situs Youtube kunjungi di. http://www.youtube.com/yt/press/id/statistics.html

10 Tips Mencari Video Youtube dengan Akurat
10 Tips Mencari Video Youtube dengan Akurat

Sehingga dengan begitu Youtube menjadi search engine khusus video yang paling populer di dunia. Karena memang dengan kemudahannya untuk bisa memperoleh informasi dalam bentuk audio visual atau video, yang juga mudah dipahami maka membuat banyak pengguna internet yang “jatuh cinta” kepada youtube mencari berbagai kebutuhan mengenai video, pengguna nantinya mendapatkan informasi tersebut cukup dengan memasukan kata kunci (dari video yang ingin dicari), kemudian dalam sekejap ada sangat banyak sekali pilihan video yang dapat kita tonton atau putar.

Nah, mencari video pada situs raksasa Youtube ini cukup mudah dilakukan (yang merupakan 5 situs terbaik di dunia versi Alexa), dan ternyata terdapat beberapa pips dan trik untuk mencari video youtube agar lebih akurat dan cepat. Pihak pengembang dari Youtube tampaknya memang bekerja keras agar membuat suatu fungsi pencarian tambahan, sehingga nantinya Kamu dapat mencari video di Youtube lebih akurat yang sesuai keinginan. Pengguna nantinya tidak perlu memakai syntax yang rumit untuk dilakukan.

10 tips mencari video Youtube dengan akurat dan cepat

Langsung saja akan dijelaskan tentang beberapa tips / trik tentang pencarian video Youtube agar lebih akurat, berikut penjabarannya di bawah ini.

1. Menemukan berdasarkan jenis saluran (channel) tertentu

Pada situs Youtube ini tersedia sangat banyak video yang berkaitan dengan militer, dan juga yang lainnya seperti olahraga. Nah, adapun jika Kamu ingin video yang isinya tentang militer maka dapat dengan menambahkan kata 'channel' pada akhir kata kunci pencarian (dipisahkan dengan koma), sebagai contoh yaitu:

militer, channel

2. Membatasi hasil pencarian pada video yang diupload terbaru

Sebagai contoh Kamu ingin mencari video tentang 'on the spot', maka Kamu dapat mencari videonya yang diunggah dalam 24 jam terakhir. Selain itu dapat memilih rentang waktu lainnya yaitu  'this week' (untuk seminggu terakhir), dan 'this month' (untuk sebulan terakhir). Sehingga Kamu nantinya menulis kata kunci pada kotak pencarian berupa:

on the spot, today

3. Menemukan film di Youtube
Kamu dapat mencari film berdurasi penuh, caranya hanya tinggal menambahkan 'movie' di belakang kata kunci yang Kamu inginkan, sebagai contoh yaitu:

star wars, movie

4. Menemukan video berkualitas tinggi di Youtube

Jika Kamu ingin menonton video berkualitas tinggi di Youtube, sehingga akan menampilkan video dengan kualitas minimal yaitu 720p (1280×720 pixel), untuk melakukannya dengan menambahkan kata 'hd'.  Sebagai contoh yaitu:

premier league, hd

5. Menemukan video 3D di Youtube

Jika kamu mempunyai kacamata 3D, maka dapat mencoba menambahkan kata '3d' pada kotak pencarian, sehingga nantinya akan mendapatkan video 3D.

6. Menemukan daftar putar (playlist)

Daftar putar merupakan hal yang sangat baik jika Kamu ingin memutar banyak video relevan dengan sekaligus. Tambahkan ‘playlist’ pada kotak pencarian.

7. Cara menemukan video yang resmi

Apabila Kamu ingin mencari video resmi tentang klub sepakbola Manchester United, baik itu hasil pertandingan, preview dan berita terbaru klub dalam bentuk video, untuk melakukannya dengan menambahkan kata ‘partner’ pada kotak pencarian Anda. Sebagai contoh yaitu:

manchester united, partner

8. Menemukan video berdurasi panjang di Youtube

Agar hasil pencari hanya berupa video berdurasi panjang (lebih dari 20 menit) maka dapat dilakukan dengan menambahkan keyword 'long', dan sebaliknya keyword 'short' untuk menampilkan video yang berdurasi pendek.

9. Mencari video dengan judul yang sama persis

Agar hasil pencarian berupa judul video yang memiliki kata kunci yang sama persis dengan yang diketikkan pada kotak pencarian, maka dapat menggunakan keyword ‘allintitle’.

10. Menggabungkan semuanya

Agar optimal maka Kamu bisa menggabungkan semua keyword filter tersebut, contohnya yaitu:

ted talks, hd, this month, long

Kamu dapat membuat kombinasi lainnya, sehingga hasil pencarian video di Youtube dapat menjadi lebih akurat.

Cara mencari video Youtube dengan lisensi Creative Commons

Pihak Youtube memperbolehkan untuk melakukan re-upload (mengupload kembali) video milik orang lain, tapi tentunya yang tidak berlisensi standard Youtube, akan tetapi yang berlisensi  creative common, dan terdapat sekitar 5 juta Video Creative Common yang sudah diupload di Youtube, dimana jumlah tersebut akan terus bertambah, Kamu dapat mengupload kembali video creative common tanpa merasa khawatir terkena klaim dari pemilik asli video tersebut.

Ketika mencari video di Youtube, maka hasilnya yaitu ribuan video dengan campuran antara video yang berlisensi standar youtube (tidak boleh diupload kembali, hak cipta) dan video dengan lisensi Creative Common. Untuk itu Kamu dapat melakukan filter agar hanya menampilkan video yang berlisensi creative common (boleh diupload kembali). Cara mencari video creative common yaitu dengan klik “Filter” di menu bagian atas, lalu klik pada “Creative Common” yang terdapat pada baris ketiga kolom fitur tersebut. Maka dengan begitu akan tampil video yang Kamu re-upload.

Semoga bermanfaat.