Cara Membuat Wifi Hotspot di Smartphone Android

Bukanlah sebuah hal yang sulit jika kita ingin menjadikan Smartphone Android milik kita untuk nantinya digunakan sebagai Hotspot WiFi, sehingga nantinya jaringan internet dari Smartphone Android milik kita tersebut akan dapat dibagi perangkat lainnya seperti Laptop, komputer ataupun perangkat yang lainnya. Untuk membuat smartphone Android menjadi Hotspot WiFi sangatlah mudah, bahkan mungkin sudah banyak pengguna yang melakukannya, namun tidak ada salahnya jika disini dibahas tentang sebuah cara untuk membuat jaringan Hotspot Wifi pada smartphone Android.

Cara Membuat Wifi Hotspot di Smartphone Android
Cara Membuat Wifi Hotspot di Smartphone Android

Cara membuat WiFi hotspot di android mudah karena fiturnya yang memang sudah tersedia, yang dibuat oleh developernya. Akan tetapi jika memang masih bingung maka akan diulas tuntas tentang langkah demi langkah untuk membuat jaringan WiFi hotspot di smartphone ataupun juga bisa pada tablet Android. Dengan jaman yang sudah semakin maju ini, maka dengan begitu semua teknologi Smartphone sudah semakin banyak yang dibekali dengan berbagai fitur-fitur unggulan.

Dimana salah satu fitur yang ditanamkan pada sistem operasi Android yaitu fitur Hotspot Wifi ini, yang sangat bermanfaat dalam memancarkan sebuah jaringan hotspot yang menggunakan media Wifi, yang terdapat pada Smartphone Android. Sebelum praktek dalam membuat jaringan hotspot Wifi pada Smartphone Android, maka ada beberapa keuntungan dengan menggunakan Jaringan Hotspot Wifi yang menggunakan perangkat smartphone android ini, yaitu:

Keuntungan membuat Hotspot Wi-Fi menggunakan Smartphone Android

Akan lebih hemat biaya, karena dengan menggunakan Hotspot WiFi pada smartphone Android maka pengguna bisa membagi jaringan internet dari Smartphone Android untuk berbagai perangkat lainnya, seperti laptop dan tablet. Sehingga dengan begitu kita tidak perlu membeli paket internet untuk semua perangkat yang dimiliki.

Akan lebih mudah dan praktis, dimana apabila kita ingin mengakses internet pada komputer dengan menggunakan sistem modem portable, maka hal tersebut lebih rumit karena pengguna harus mengambil modem, menunggu loading lalu memasang driver, kemudian perlu melakukan connect dan tunggu lagi beberapa saat hingga akhirnya dapat menghubungkan komputer ke internet. Adapun dengan cara ini maka pengguna cukup mengaktifkan Hotspot Wifi pada smartphone Android, maka dengan begitu secara cepat laptop dapat terhubung ke internet.

Pengguna tidak hanya dapat berbagi jaringan internet dengan menggunakan fitur hotspot Wifi, selain itu pengguna dapat menggunakan fitur Remote Link yang ada yang nantinya berguna sebagai  penghubung antara Smartphone Android dengan laptop.

Nah, setelah kita mengetahui beberapa keuntungan membuat jaringan Hotspot Wifi dengan menggunakan Smartphone Android, maka selanjutnya kita akan belajar tentang cara mengaktifkan Jaringan Hotspot Wifi pada Smartphone Android. Sebelum kita masuk ke tutorial, maka yang perlu diketahui yaitu dengan melakukan hal ini maka akan bisa mengakibatkan konsumsi kuota data menjadi sangat meningkat tajam.

Hal itu karena perangkat seperti notebook, komputer, laptop maupun tablet umumnya akan mengakses data dengan memakan data yang relatif lebih besar dibandingkan jika mengakses internet menggunakan smartphone.

Cara mudah membuat Wifi Hotspot di smartphone Android

  1. Pertama-tama, bukalah pada menu kemudian pilih pengaturan.
  2. Kemudian pilih “Advance” atau “Selengkapnya”.
  3. Pilih Menambatkan & Hotspot Portable
  4. Pilih Siapkan Hotspot Wi-Fi
  5.  Pada halaman Siapkan Hotspot Wifi, Kamu isi SSID jaringan sesuai dengan keinginan, dan isi juga kata sandi (password), ingat kata sandi jangan sampai lupa.
  6.  Jika sudah maka klik pada tombol Simpan.
  7. Hotspot Wifi pada Smartphone Android nantinya ditandai sebuah icon antenna wifi pada Status Bar.
  8. Selesai, Kamu dapat menggunakan wifi dengan smartphone Android milikmu.

Dengan begitu jaringan Hotspot Wifi pada smartphone android sudah terpancar yang dapat digunakan oleh perangkat lain. Adapun untuk mengaktifkan atau menonaktifkan Wifi maka pengguna hanya perlu mengusap layar smartphone dari atas kebawah, kemudian sentuh pada bagian tombol Hotspot Wi-Fi.

Semoga bermanfaat.