4 Tips Menjaga Keamanan Android dari Serangan Malware

Tips menjaga keamanan Android dari serangan malware -- Seperti diketahui bahwa Android menjadi sebuah sistem operasi yang sangat populer, dimana penggunanya sangat banyak di dunia, akan tetapi ternyata kepopuleran yang dimiliki oleh OS Android nyatanya juga membuat tidak sedikit orang yang pintar dalam masalah program atau pengkodean menyalahgunakan kemampuannya tersebut.

Tips menjaga keamanan Android dari serangan malware
Tips menjaga keamanan Android dari serangan malware

Yaitu mereka program berbahaya jenis malware yang didesain dan disusupkan dalam banyak metode, seperti pada aplikasi Android, sehingga pihak Google.Inc sebagai pemilik dan pengembang sistem operasi Android tidak tinggal diam, Google banyak menghapus aplikasi di toko Play Store yang mengandung malware agar pengguna Android dapat terjaga keamanannya.

Tips menjaga keamanan Android dari serangan malware

Dan, untuk itu sebagai sebuah cara antisipasi, dimana untuk berjaga-jaga ponsel pintar milikmu dapat aman dari serangan program jahat malware, maka ada beberapa hal yang perlu dilakukan, berikut di bawah ini penjelasannya.

1. Jangan mendownload dan menginstal aplikasi bajakan

Banyak sekali sebenarnya ditemukan tawaran sebuah aplikasi yang sebenarnya berbayar, akan tetapi bisa didapatkan secara gratis tetapi ilegal, dan program aplikasi tersebut namanya crack, merupakan aplikasi bajakan yang tidak resmi, serta pembuatnya umumnya tidak diketahui. Yang sangat parah bahwa sangat sering aplikasi bajakan disisipi program berbahaya seperti malware.

2. Menggunakan aplikasi yang disediakan di Google Play Store saja

Sangat disarankan pengguna Android untuk mendownload dan menggunakan aplikasi yang tersedia di Google Play Store saja. Hal ini perlu diperhatikan karena Google sangat sungguh-sungguh untuk memfilter dan menyingkirkan aplikasi berbahaya yang ada di Google Play Store, sehingga Kamu akan dapat lebih aman dari ancaman serangan program berbahaya seperti malware ketika menggunakan aplikasi-aplikasi yang tersedia disana.

3. Perhatikan ulasan aplikasi yang ada disana

Ketika Kita ini mendownload aplikasi di Google play store, maka terdapat beberapa ulasan yang dibuat oleh para member, perhatikan isinya apakah banyak mengandung hal / penilaian negatif pada aplikasi tersebut, apabila iya maka cari dan gunakan aplikasi lainnya.

4. Gunakan scanner malware yang terpercaya

Saat ini cukup banyak  macam-macam scanner  yang disediakan, dimana Kamu dapat menggunakan fasilitas scanner malware yang resmi dari pihak Google. Umumnya pada OS Android V 2.2 ke atas sudah terdapat fitur malware scanner, sehingga Kamu akan dapat mengetahui apakah aplikasi yang ingin digunakan ini aman atau tidak.

Kemudian juga, pilih katalog yang terpercaya. Dengan mengikuti tips-tips tersebut maka akan mencegah program jahat malware untuk menyerang sistem OS Android Kamu.

Semoga bermanfaat.

Baca juga: Cara menghilangkan iklan di Android

loading...

Cara & Tips

Game PC Gratis

Tips & Aplikasi Android