Cara Mengubah Flashdisk & Harddisk Eksternal Ke exFAT

Tentunya format file sistem yang populer kita kenal yaitu seperti NTFS dan FAT32, akan tetapi untuk jenis format file sistem seperti exFAT, mungkin saja kita baru mendengarnya, exFAT merupakan jenis dari file system yang sebenarnya juga hampir sama seperti NTFS dan FAT32.

Cara Mengubah Flashdisk & Harddisk Eksternal Ke exFAT
Mengubah ke exFAT

Hanya saja Format exFAT merupakan jenis file system yang modern dengan beberapa kelebihan seperti Ukuran cluster nya hingga 32MB, kemudian juga bisa dibaca baik pada Windows maupun pada Mac OS, dengan begitu keuntungannya adalah dapat bertukar file antar OS (windows dan Mac OS) tanpa perlu untuk melakukan format lagi.

Dari berapa kelebihan pada format sistem exFAT tersebut, maka ada salah satu kelebihan yang saya sangat menarik, dimana kemampuan format sistem exFAT ini bisa dibaca oleh sistem operasi Mac dan Windows. Sehingga dengan begitu Anda dapat bertukar file antara kedua sistem operasi tersebut, baik melalui flashdisk maupun melalui harddisk eksternal, sehingga menjadi sangat memudahkan.

Keuntungan lainnya dari menggunakan format sistem exFAT ini, yaitu dapat menyimpan file yang memiliki ukuran hingga 1 TB, ukuran ini jauh lebih besar dari apa yang ada pada FAT32, yang hanya bisa menyimpan file dengan ukuran maksimal 4GB.

Adapun syarat jika Anda ingin menggunakan sistem exFAT ini yaitu format sistem exFAT hanya mendukung sistem operasi seperti Windows XP Sp2 keatas, Windows Vista SP1 keatas, Windows Server 2008, Windows 7. Adapun untuk Mac OS yaitu versi Leopard 10.6.5 keatas, dan Mac OS Lion. Hal yang perlu diketahui bahwa Anda hanya dapat mengubah format (menjadi format sistem exFAT) melalui Windows saja, tidak bisa memformat exFAT di Mac OS.

Caranya mengubah menjadi format exFAT
1. Menggunakan komputer dengan sistem operasi Windows.
2. Lalu format Flashdisk atau Harddisk Eksternal (klik kanan => properties).
3. Pilih exFAT sebagai file system
4. Klik Start format
5. Tunggu proses, selesai

Jika Anda adalah orang yang rajin bertukar file bersama dengan teman-teman Anda, mungkin masing-masing memiliki platform sistem operasi yang berbeda, sehingga dapat direncanakan untuk mengubah file system di Flashdisk atau Harddisk Eksternal menjadi exFAT.

Demikian saja, semoga tutorial ini dapat bermanfaat.