Tips Memilih Antivirus Komputer Yang Baik

Tips memilih Antivirus komputer yang baik -- Tentunya untuk menjaga keamanannya dari serangan program jahat, maka komputer sangat perlu untuk dipasang atau diinstal program antivirus yang bagus, hal itu karena serangan virus adalah serangan yang sangat berbahaya dan serius karena dapat menyerang dan menghancurkan sistem, sehingga komputer menjadi tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya, dan yang paling parah adalah komputer akan mengalami kerusakan sistem secara total.

Tips Memilih Antivirus Komputer Yang Baik
Tips Memilih Antivirus Komputer Yang Baik

Dengan adanya program Antivirus yang ampuh maka sangat berguna untuk mengetahui dan mendeteksi virus yang menyerang sistem komputer, untuk kemudian membasmi virus tersebut di komputer. Sehingga cukup penting tampaknya memilih antivirus komputer yang baik dan cocok untuk mengamankan komputer dari serangan virus dan program berbahaya lainnya.

Tips memilih antivirus komputer yang baik

Langsung saja, berikut dibawah ini beberapa tips untuk memilih antivirus yang baik untuk komputer.

Menyesuaikan antivirus sesuai kebutuhan atau aktifitas

Apabila Kamu menggunakan komputer untuk hanya sekedar bermain game dengan tanpa koneksi internet, maka Kamu dapat menggunakan antivirus yang ringan saja dengan fitur-fitur dasar yang sudah mencukupi, adapun jika Kamu sering melakukan browsing dengan mengaktifkan internet, apalagi untuk masalah transaksi perbankan maka tampaknya perlu menggunakan antivirus dengan fitur-fitur keamanan intenet, bahkan kalau bisa menggunakan antivirus berbayar.

Pilih antivirus sesuai dengan sistem operasi

Hal yang sepele tetapi sangat penting diketahui adalah pastikan bahwa antivirus yang akan Kamu gunakan di perangkat komputer sesuai dengan sistem operasi yang Kamu gunakan, terutama untuk sistem operasi yang kepopulerannya tidak terlalu tinggi. Pastikan sistem operasi Kamu mendapat support dari antivirus tersebut.

Periksa sertifikasi dan lembaga penguji antivirus

Tujuannya adalah untuk mengetahui kualitas kerja dari antivirus tersebut. Antivirus yang memang dapat diandalkan untuk digunakan mengamankan sistem komputer haruslah terdaftar pada lembaga penguji yang sudah terpecaya seperti Checkmark, ICSA Labs, AV-Test, AV-Comparatives, dan NSS Labs.

Baca Keterangan antivirus

Tidak sedikit website yang melakukan review tentang kualitas antivirus, baik itu Avira, AVG, Avast, Ansaf, Smadav serta banyak lainnya. Dari sana Kamu dapat mempelajari makan saja antivirus yang berkualitas tinggi dan juga yang cocok dengan aktifitas Kamu, sehingga dapat mengamankan komputer dari serangan virus.

Kerja Antivirus tidak memberatkan komputer

Yang juga cukup penting diketahui adalah gunakan antivirus yang selain memiliki fitur bagus untuk memproteksi komputer, juga tidak memberatkan kerja komputer, sehingga nantinya justru PC menjadi sangat lambat, tentu ini tidak baik. Gunakan antivirus yang juga sesuai dengan kemampuan kinerja komputer Kamu.

Antivirus rajin update

Untuk Kamu yang memang sering browsing, maka utamakan untuk memilih antivirus yang rutin untuk melakukan update databasenya dalam menangkan serangan virus dengan teknologi terbaru sekalipun. Sehingga antivirus yang Kamu gunakan nantinya akan terus untuk mengikuti perkembangan berbagai virus berbahaya, terutama juga virus-virus baru.

Perhatikan fitur yang tersedia dalam antivirus tersebut

Tentu ini cukup mudah diketahui dengan melakukan browsing di Google untuk mengetahui fitur-fitur apa saja yang ada di Antivirus yang ingin kita gunakan, ini cukup penting karena setiap antivirus akan mempunyai kemampuan yang berbeda-beda. Utamakan untuk menggunakan antivirus yang menyediakan fitur memproteksi komputer secara real time, tersedia juga fitur scan secara manual, dengan dapat memilih lokasi yang detail.

Kemudian kecepatan scan juga cukup penting dipertimbangkan, lalu ada fitur mengkarantina dan menghapus virus, serta memperbaiki file yang terinfeksi fitur agar Kamu tidak kehilangan data nantinya.

Semoga bermanfaat.

Baca juga: Cara Uji Kecepatan Download Internet dengan DownTester