22 Cara Merawat Laptop Dengan Baik Dan Benar

Cara merawat laptop dengan baik dan benar -- Untuk melakukan perawatannya tidaklah hal yang sulit, dimana memerlukan kemampuan, Kamu hanya perlu melakukan hal sederhana saja ketika merawat laptop, akan tetapi yang perlu diketahui bahwa laptop termasuk barang elektronik yang lumayan sensitif.

22 Cara Merawat Laptop Dengan Baik Dan Benar
Cara Merawat Laptop Dengan Baik Dan Benar

Sehingga untuk itu cukup penting sebagai pengguna laptop untuk mengetahui cara merawatnya secara baik dan benar, karena kalau tidak maka laptop Kamu akan sering “jalan-jalan” ke tukang service komputer atau laptop. Yang cukup penting diketahui bahwa komponen laptop memiliki harga yang lebih mahal jika dibandingkan dengan komponen pada komputer.

Cara Merawat Laptop Dengan Baik Dan Benar

Untuk itu amatlah penting untuk mengetahui cara merawat laptop dengan baik dan besar sehingga nantinya dapat awet digunakan, entah itu laptop Asus, Acer, Toshiba, Axio dan lainnya. Berikut di bawah ini tips merawat laptop.

1. Jangan sembarangan download & instal software-software dari internet.

Ini cukup penting karena tidak semua software yang ada di internet itu aman untuk sistem laptop Kamu, apalagi untuk software model crack maka disarankan untuk menghindari software-software seperti itu, karena biasanya disusupi dengan berbagai program yang jahat, sehingga berbahaya untuk laptop Kamu, seperti virus, malware, spyware, adware dan lainnya.

Untuk itu jika ingin menggunakan software maka pastikan Kamu memang membutuhkannya, bukan sekedar coba-coba, kemudian usahakan untuk menggunakan software yang memang telah populer di dunia sehingga lebih terjamin kegunaannya, hindari menggunakan software yang tidak jelas asal usulnya. Jika Kamu ingin mendownload software maka pastikan dari tempat yang sudah dikenal baik seperti Cnet, Softpedia, Softonic, Filehippo dan beberapa lainnya.

2. Pastikan tangan bersih saat menggunakan laptop

Ketika tangan dalam keadaan berminyak atau semacamnya maka janganlah memegang / menggunakan laptop terlebih dahulu, Kamu perlu membersihkan tangan hingga bersih jika ingin menggunakannya. Kemudian juga hindari memakan makanan seperti roti di dekat laptop, karena nantinya potongan kecil dari roti dapat mengotori keyboard laptop yang sangat sensitif, demikian juga abu rokok yang sangat berbahaya untuk keyboard.

3.  Bersihkan keyboard

Bagian Keyboard ini mudah sekali untuk kotor, untuk itu perlu rajin-rajin membersihkannya, Kamu dapat menggunakan kuas untuk membersihkan sela-sela tombol untuk mengeluarkan kotoran pada keyboard. Kamu selain juga bisa menggunakan gunakan vacuum cleaner portabel yang digunakan untuk menyedot debu. Untuk kebersihan keyboard ini maka disarankan menggunakan pelindung keyboard untuk mencegah kotoran masuk.

4. Bersihkan layar

Yang pengting diketahui adalah hindari menggunakan cairan pembersih yang sembarangan pada layar. Yang bagus gunakan pembersih kaca, kemudian semprotkan secukupnya pada kain halus, setelah itu bersihkan layar monitor dengan lembut. Yang harus dihindari yaitu menyemprotkan cairan langsung pada layar, karena sangat berbahaya, yang dapat mengakibatkan  permukaan LCD menjadi belang-belang bentuknya. Kamu dapat mengelap layar laptop dengan dari atas ke bawah, ataupun dari kiri ke kanan, dan yang penting diingat adalah bersihkan dengan lembut dan jangan menekan dengan keras pada layar karena dapat membuat rusak layar laptop.

5. Hindari dari panas matahari

Yang cukup berbahaya untuk laptop adalah terkena panas dari sinar matahari, seperti salah satu contohnya adalah ketika memarkir mobil yang berada di bawah sinar matahari, dimana panas tinggi yang masuk ke dalam mobil tersebut mengakibatkan komponen di dalam laptop dapat mengalami kerusakan, sehingga secara umum jika Kamu membawa laptop maka hindari terkena dari benda-benda yang panas.

6. Menghindari terjadinya goresan pada laptop

Jika kamu memiliki benda yang tajam, maka jauhkan benda-benda yang seperti itu tempat Kamu meletakan laptop, sehingga terhindari dari hal-hal yang buruk. Kamu juga bisa memasang lapisan pelindung yang berada di atas keyboard sebelum Kamu menutup case, sehingga dengan begitu layar akan dapat terhindari dari tergores benda apapun yang tentunya itu sangat berbahaya untuk kondisi layar. Kemudian jika Kamu bepergian, maka masukkan laptop pada tas khusus laptop.

7. Jadikan Case yang cemerlang

Kebiasaan yang sangat buruk adalah menggunakan laptop dalam keadaan tangan yang kotor atau bahkan berminyak, sehingga berakibat hal yang buruk berupa case yang tidak lagi menarik dan mengkilat  seperti sebelumnya. Kamu dapat membersihkannya (dengan hati-hati) menggunakan deterjen non-zat alkalin yang dicampur air. Atau dapat juga dengan menggunakan pembersih multiguna yang biasanya berupa busa. Kamu semprotkan pada kain lap yang lembut, kemudian lap secara perlahan-lahan dan dengan hati-hati pada permukaan case laptop tersebut.

8. Tempat menyimpan laptop

Apabila Kamu akan menyimpan laptop yang dalam jangka waktu lama, dimana mungkin beberapa hari tidak digunakan, maka disarankan (apabila keadaannya demikian) maka lepaskan saja baterai laptop, lalu simpan pada tempat yang sejuk dan kering, dengan sirkulasi udara yang juga bagus. Kamu juga dapat meletakan silikon gel yang bermanfaat untuk mencegah jamur. Nah, apabila Kamu akan menggunakan laptop tersebut maka charge baterai kembali.

9. Hindari medan magnet

Tips yang kesembilan ini berguna sekali untuk melindungi data yang terdapat di dalam harddisk, hindari menaruh benda yang berisi medan magnet, apalagi yang kuat maka harus benar-benar dijauhkan dari sekitar laptop.

10. Jangan menginstall software jika memang tidak dipakai dan tidak berguna.

Seperti sebuah perkataan “Buat apa hanya beli tapi gak dimakan?”, untuk itu pada software yang sudah di-install, maka tentunya untuk digunakan nantinya, apabila memang tidak digunakan maka untuk apa untuk Kamu instal, sehingga jika Kamu ingin menginstal software maka pastikan akan bermanfaat dan digunakan tentunya, apabila tidak digunakan maka tidak usah menginstalnya karena hanya memberatkan kerja laptop saja.

11. Gunakan Antivirus.

Sudah tidak diragukan lagi bahwa antivirus adalah sebuah program yang wajib berada atau di-instal pada komputer, karena memang perannya yang vital untuk menghadang dan membersihkan berbagai serangan virus dan program berbahaya lainnya. Untuk itu Kamu bisa menggunakan antivirus terbaik, beberapa antivirus yang populer adalah seperti AVG, Avira, BitDefender, Avast, Norton dan beberapa lainnya.

12.Jangan boros dalam menggunakan Software.

Mendownload file-file besar dimana kapasitas hard disk yang sudah tidak muat maka akan mengakibatkan blank pada sistem operasi, dapat timbul patah-patah, sehingga download software seperlunya saja, jangan berlebihan. Kemudian juga ketika menjalankan program di laptop maka seperlunya saja, jangan menjalankan terlalu banyak program aplikasi yang membuat laptop menjadi kerja terlalu keras, sehingga ini tidak baik untuk laptop milikmu.

13. Jaga kebersihan laptop kamu.

Pada laptop maka hindari hal-hal yang membuat laptop menjadi berdebu, apalagi ada maka segera bersihkan, dan kalau bisa Kamu dapat menggunakan pelindung keypad, agar laptop tetap bersih dari debu, dan Kamu pun sebagai pengguna laptop akan terhindari dari kotoran debu.

14.   Jangan menggunakan laptop di atas tempat tidur

Pada laptop tentu didalamnya akan panas jika dioperasikan sehingga memerlukan proses pengeluaran panas dari dalam laptop agar tidak kepanasan, ketika Kamu meletakan laptop pada tempat yang dapat dikatakan lembut, seperti sofa, tempat tidur, dan lainnya maka ini dapat berakibat buruk, dimana sirkulasi udara akan terhambat sehingga menyebabkan panas dari dalam laptop tidak keluar, perangkat laptop menjadi sangat cepat panas. Untuk itu jangan bermain laptop pada tempat tidur karena tidak baik.

15. Isi baterai laptop hingga penuh

Apabila Kamu berencana ingin menggunakan laptop dalam jangka waktu yang lama, maka sebelumnya pastikan isi baterai laptop milikmu tersebut penuh, sehingga nantinya Kamu tidak memaksakan menggunakan laptop sambil melakukan charger, karena ini sangat tidak baik.

16. hindari laptop dari getaran elektromagnetik.

Yang mungkin sering dilalaikan adalah kita sebagai pengguna laptop tidak menjauhkan laptop dari barang-barang yang terdapat elektromagnetik, yaitu diantaranya alat pengeras suara, loudspeaker, mesin, ponsel serta berbagai benda yang mempunyai getaran. Untuk itu kala Kamu sedang menggunakan HP maka disarankan untuk tidak dekat-dekat dengan laptop, hal itu karena medan magnet yang terdapat di ponsel cukup berbahaya bagi sound laptop.

17. Jangan memindah-mindahkan laptop saat masih hidup

Laptop yang dalam keadaan hidup, dimana belum Kamu shutdown, maka harddisk pada laptop tersebut akan tetap bekerja, sehingga jika Kamu gerakan (laptopnya) maka bisa menyebabkan hal yang sangat berbahaya dimana head harddisk menggores cylinder.

18. Jangan menaruh benda diatas laptop (saat tertutup)

Ketika Kamu meletakan benda, apalagi yang berat, maka dapat mengakibatkan hal fatal yang membuat laptop akhirnya dibawa ke tukang service, hal tersebut karena beban benda yang ada diatasnya dapat membuat layar laptop menjadi rusak

19. Rapikan kabel-kabel yang terhubung

Usahakan agar kabel-kabel ke laptop dapat tertata dengan rapi, karena apabila ada orang lain yang tersandung, maka itu membahayakan orang yang jatuh tersandung, serta laptop milikmu juga bisa dalam bahaya.

20. Jangan menaruh laptop dipangkuan

Ini kesalahan yang sering dilakukan oleh banyak orang, apalagi menaruh laptop dipangkuan sangat berbahaya untuk pengguna sendiri, karena efek radiasi yang dihasilkan laptop sangat membahayakan kesehatan. Selain itu laptop juga rentan rusak dan jatuh ketika digunakan dalam keadaan seperti itu.

21. Kalau tidak ahli, jangan coba-coba betulkan laptop sendiri.

Karena jika membetulkan laptop sendiri tanpa memiliki keahlian, maka dapat berakibat laptop tersebut justru semakin parah rusaknya, sehingga serahkan kepada ahli IT, atau orang yang mengerti tentang seluk beluk laptop, ataupun laptop tersebut dapat Kamu bawa ke tukang service.

22. Lakukan defrag

Kamu dapat melakukan proses defrag di fitur laptop beberapa kali saja dalam setahun, hal ini bertujuan untuk memperbaiki data dan bagian hardware yang error.

Demikian beberapa cara untuk merawat laptop yang baik dan benar, semoga bermanfaat.

loading...

Cara & Tips

Game PC Gratis

Tips & Aplikasi Android