Cara Menjaga Keamanan Identitas / Privasi Di Internet

Cara Menjaga Keamanan Identitas / Privasi Di Internet
Tentunya sebagai pengguna Komputer, maka kita juga secara otomatis akan berinteraksi dengan orang lain di internet atau dunia maya, entah itu hanya sekedar berhubungan pertemanan, ataupun hingga tujuan bisnis. Untuk itu jika Anda adalah orang yang suka berinteraksi melalui dunia maya, baik itu melalui sosial media atau yang lainnya, maka ada sebuah hal yang tampaknya cukup perlu untuk diketahui.

Hal yang perlu Anda ketahui ketika berinteraksi di dunia maya adalah tentang masalah privasi di internet.  Adapun privasi yang paling utama untuk dijaga yang berhubungan dengan akun keuangan Anda, Seperti Akun Internet Banking, PayPal, Payoneer, Kartu kredit dan akun-akun lainnya yang penting untuk dijaga.

Buat Email khusus untuk akun bank / keuangan
Untuk akun-akun keuangan Anda, maka usahakan untuk menggunakan email (untuk mendaftar) yang berbeda (khusus). Sehingga email untuk akun bank / keuangan di internet berbeda dengan akun sosial media, forum dan selainnya.

Untuk itu hindari akun-akun penting Anda untuk bisa diketahui oleh orang lain, termasuk teman dekat Kamu, kemudian hindari email penting Anda tersebut dari berbagai spam, yang membuat email penting Kamu tersebut dapat dieksploitasi oleh pihak hacker. Untuk itu hindari mendaftar ke sebuah layanan yang tidak terlalu penting (apalagi layanan tersebut tidak dikenal) dengan menggunakan email yang penting tersebut.

Login
Kemudian jika Anda ingin menggunakan nama login (username) yang sama pada banyak layanan di internet, maka gunakan password untuk login yang berbeda-beda.

Pertanyaan Keamanan (Security Questions)
Dalam pertanyaan keamanan seperti misalnya “Di kota manakah kamu lahir?”. Maka hindari menjawab pertanyaan ini dengan keadaan Anda secara nyata, karena mungkin saja ada orang lain yang akan memanfaatkan celah ini, sehingga dia akan berusaha untuk mengambil akun email milik Anda.

Browsing
Nah, ketika Anda browsing maka sangat perlu untuk memperhatikan keamanan situs yang dikunjungi, usahakan untuk mengunjungi situs yang telah dikenal aman saja. Kemudian apabila Anda akan menuju suatu situs akan tetapi dicegah oleh browser ataupun Search Engine seperti Google, maka berhenti dan jangan mengakses situs tersebut.

Semoga bermanfaat.